Rabu, 17 Agustus 2016

DKM BISMARCK

Bismarck adalah kapal perang terbesar Jerman yang pernah dibuat pada masa Perang Dunia II.[1] Nama kapal ini berasal dari nama Kanselir Jerman pada abad ke-19, Otto von Bismarck. Bismarck menjadi terkenal setelah berhasil menenggelamkan kapal perang utama Angkatan Laut Britania Raya (Inggris), HMS Hood dalam Pertempuran Selat Denmark pada tahun 1941.Bismarck dan saudara kembarnya Tirpitz merupakan kapal utama (capital ship) AL Jerman (Kriegsmarine) di Perang Dunia II.


Bismarck, battle cruiser terbesar Angkatan Laut Jerman ini dibangun di galangan kapal Hamburg pada 1939. Panjangnya 251 meter, Bismarck mempunyai kecepatan 30 knot (±56 km/jam) dengan berat 50.900 ton dipersenjatai dengan delapan buah meriam berukuran 15,5 inci (±394 mm), 12 buah meriam 5,9 inci (±150 mm), Anti udara 16–237 mm dan 12–20 mm, delapan buah tabung torpedo (torpedo tube) berukuran 21 inci (±533 mm) dan enam pesawat terbang. Sisi dan geladak Bismarck dilapisi baja setebal 32 cm. Invasi Nazi ke Polandia pada 1939 membuat Inggris mengultimatum Hitler agar mundur ke Jerman dengan ancaman Inggris akan menyatakan perang terhadap Jerman. Namun ultimatum itu (3 September 1939) dianggap sepi oleh Jerman. Angkatan Laut Jerman yang belum siap ini harus menemukan taktik untuk menghadapi armada Inggris yang lebih lengkap, siap, berperalatan baru dan bertradisi angkatan laut yang lebih tua.
*( sumber; https://id.wikipedia.org/wiki/Kapal_perang_Bismarck)


Bismarck juga adalah salah satu Paper Model kebanggaan saya selain IJN Yamato. Berikut saya lampirkan template HMS PRINCE of WALES, tempate ini diterbitkan oleh GPM Polandia
( http://sklep.gpm.pl/wyprzedaz/bismarck-gpm-182 )



Spesifikasi dan bahan Paper Model DKM Bismarck:
- Bahan saya sarankan menggunakan Art Cartoon 260gr atau Kertas BC 160gr
- Kerangka dilapis karton board 1mm
- Ukuran Cetak A3
- Dimensi setelah jadi:
   Panjang 125 cm
   Lebar 18 cm
   Tinggi (termasuk tiang antenna) 30 cm
- Detail dibuat sesuai asli dengan tingkat kerumitan cukup tinggi

Bagi yang berminat membuatnya template beserta petunjuk pembuatannya
dapat di download GRATIS disini:

Berikut hasil keisengan saya bersama DKM Bismarck :)

Saat masih dalam proses pembuatan :)







Selamat Mencoba, Jangan Pernah putus asa 




2 komentar:

  1. Keren bang,lanjutkan. Saya suka sekali melihatnya

    BalasHapus
  2. Ijin Tanya bang, untuk kertas yang abang gunakan yang Bc atau Art Carton ya?

    BalasHapus