Rabu, 17 Agustus 2016

IJN YAMATO ( Under Construction )

Yamato (大和?) adalah kapal tempur Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia II, sekaligus kapal utama dalamArmada Gabungan Jepang. Nama kapal ini diambil dari nama Provinsi Yamato. Sebagai kapal pertama dalam kelasnya, Yamato bersama kapal sekelasnya, Musashi merupakan kapal tempur terbesar dan terberat yang pernah dibangun. Berat kapal dengan muatan penuh 72.800 ton, dan dipersenjatai dengan sembilam meriam utama kaliber 46 cm (18,1 inci).

Kapal ini dibangun dari 1939 hingga 1940 di Arsenal Angkatan Laut Kure, Prefektur Hiroshima, dan secara resmi mulai ditugaskan pada akhir 1941. Sepanjang tahun 1941, Yamato dijadikan kapal pemimpin yang dinaiki Laksamana Isoroku Yamamoto. Kapal ini pertama kali berlayar sebagai anggota Armada Gabungan selama Pertempuran Midway Juni 1942. Selama tahun 1943, Yamato secara terus menerus dipindah-pindahkan dari Truk ke Kure, dan lalu ke Brunei untuk menghindari serangan udara Amerika Serikat terhadap pangkalan militer Jepang. Yamato hanya pernah sekali menembakkan meriam utama ke sasaran musuh. Kesempatan itu diberikan kepadanya pada bulan Oktober 1944, namun Yamato segera diperintahkan pulang setelah serangan dari kapal perusak dan pesawat-pesawat tempur dari gugus tugas kapal induk pengawal "Taffy" berhasil menenggelamkan tiga kapal penjelajah berat dalam Pertempuran Lepas Pantai Samar. Yamato karam bulan April 1945 dalam Operasi Ten-Go.


Ini adalah kapal perang kekaisaran Jepang saat Perang Dunia II favorit saya yang saat ini masih dalam pengerjaan, detailnya cukup sulit panjangnya juga lumayan 135cm namun menyenangkan. 

Rangka dilapis cartoon board 1mm kuat dan kokoh namun pemotongannya
harus hati-hati. Dalam tahap ini untuk pengeleman cukup gunakan lem putih Fox dan gunakan pisau cutter ukuran besar. 


Oh ya saya bukan di endorse oleh lem uhu lho :)
pakai lem lain juga boleh tapi sebaiknya yang bening/transparan


Saat membuat tower, untungnya IJN Yamato hanya punya 1 tower tidak seperti Bismarck atau Prince of Wales. Pada tahap ini gunakan lem putih Fox untuk melapis tapi gunakan juga Uhu untuk menempel bagian-bagian yang lebih kecil. Jangan lupa cutting mat atau alas potong agar acara potong memotong Anda lebih aman dan efisien.


Untuk memotong parts ukuran mungil sebaiknya gunakan art knife jangan cutter biasa
siapkan juga pinset dan pemotong kuku....ribet ya :) 


Canon ukuran sedang yang pembuatannya cukup menyulitkan saya, ukuran parts yang sangat kecil bikin mata juling kalau Anda berniat membuatnya Anda akan merasakan apa yang saya rasakan :D oh ya jangan sedih canon ini jumlahnya 2 dan masih belasan canon kecil lainnya



Spesifikasi dan bahan Paper Model IJN Yamato skala 1:200
- Bahan saya sarankan menggunakan Art Cartoon 260gr atau Kertas BC 160gr
- Kerangka dilapis karton board 1mm
- Ukuran Cetak A3 
- Dimensi setelah jadi:
   Panjang 135 cm
   Lebar 20  cm
   Tinggi (termasuk tiang antenna) 30 cm
- Detail dibuat sesuai asli dengan tingkat kerumitan sangat tinggi
- Template yang saya lampirkan siap cetak tanpa harus diedit lagi
Saya ingin berbagi kesenangan dengan Anda penyuka Paper Model template ini saya download GRATIS dari www.only-paper.ru dan produksi dari halinski.com.pl Polandia.











Bagi yang berminat monggo download disini:


Pekerjaan saya saat ini benar-benar menuntut waktu seharian hingga hanya di saat weekend lah saya bisa melanjutkan pembangunan si Yamato ini :) btw ini paper model terlama yang saya kerjakan, hingga hari ini terhitung hampir 4 bulan jadinya saya juga jarang mengupdate blog.







23 komentar:

  1. Mas untuk pewarnaan menggunakan apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. itu sudah berwarna dari polanya..paling kalau saya saya semprot pylox clear

      Hapus
  2. mas filnya susah bgt di download...
    ada referensi lain g...?
    tolong y WA sy 085891138778...
    biar bisa tukar koleksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada email?...biar saya email saja polanya
      lagi bikin apa mas?

      Hapus
    2. bang, kirim ke email aku dong,
      chandirarahadian554@gmail.com
      buat tugas sekolah, hehe :v

      Hapus
    3. btw bang, misalnya 126a, 3c itu maksudnya apaan ya?
      trs dimana blueprint prototypenya??

      Hapus
    4. sebentar ya..ini ukuran file nya gede. tapi kalau buat tugas sekolah bikin yang sederhana aja kaya titanic, yamayo terlalu rumit

      Hapus
    5. Susah didownload mas ,kirim ke aku juga mas
      ayosemangat94@gmail.com
      Terimakasih mas

      Hapus
  3. bang, kirim ke email aku dong,
    chandirarahadian554@gmail.com
    buat tugas sekolah, hehe :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebentar ya..ini ukuran file nya gede. tapi kalau buat tugas sekolah bikin yang sederhana aja kaya titanic, yamayo terlalu rumit

      Hapus
  4. biaya yang dikeluarin buat bikin kapal yamato berapa bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama pembuatan 2 bulan. buat print sekitar 150 rb, beli cartoon board 20.000, beli lem fox 20.000, beli lem uhu 30.000, spidol snowman permanen hitam 6000, isi cutter besar/kecil 15.000....kira-kira segitulah.....maaf balesnya lama

      Hapus
    2. ngeprint nya dimana ya?

      Hapus
  5. bang boleh minta polanya gk ?

    BalasHapus
  6. Gak bisa download,boleh bagi d email jabal.pep@gmail.com

    BalasHapus
  7. Bisa email polanya ke laskarjihad6666@gmail.com

    BalasHapus
  8. Bang bisa kasih tutorial buat lambung kapal nya bang?

    BalasHapus
  9. Misi om mau nanya, kalo misal ini di print ukuran kertas A1 berarti hasil jadi nya bisa lebih besar ya?
    Makasih

    BalasHapus
  10. Permisi mas
    Bisa buatkan makalah polanya GK untuk saya blajar rakit sendiri

    BalasHapus